Sunday, 27 November 2011

Simulasi Permodelan - Pro Model 4.2

Setelah mengalami perjalanan panjaaaaaaaaang .. akhirnya saya nyampai juga diujung semester 7. Ada dua matakuliah terakhir, yaitu Database Terdistrubusi sama Simulasi Permodelan. Nah, kali ini saya akan membahas tentang Simulasi Permodelan, waktu pertama baca dijadwal kalo ada matkul kayak gini.. saya sedikit gak 'ngeh' kuliah apaan sih ini? kok asing banget ditelinga. Tanya om Google juga cuma dapet info dikit. Akhirnya saya dapet pencerahan setelah dapet modul dari pak dosen, Promodel adalah nama sebuah software untuk membuat simulasi kegiatan bisnis - manufacturing. Yah intinya tuh kayak bikin perencanaan awal sebelum membangun sebuah lapangan bisnis dengan tujuan kita bakalan tahu gimana cara mendapatkan keuntungan & bisa meminimalisir kerugian. Kalo saya jelasin lebih panjang lebar lagi, saya jamin tambah gak ngerti ! nih saya kasih contoh simulasi yang dikerjakan menggunakan pro model, saya comot dari salah satu tugas saya ..
Simulasi Dokter Praktek
Gambar diatas bukan cuma jejeran gambar orang sama benda aja loh, tapi ada fungsi dan tujuannya.Yang pertama kita bikin saat akan memulai simulasi adalah dengan menata gambar-gambar tersebut diatas hingga sedemikian rupa (Location - ctrl+L), yang kedua adalah dengan membuat entitas, karena simulasi diatas adalah praktek dokter maka entitasnya adalah pasien (Entitas - ctrl+E). Lalu buat sebuah arrival dengan cara (Arrival - ctrl+A), setelah semua komponen sudah dipasang.. tibalah saatnya masuk ke proses; yaitu bagian paling penting didalam simulasi. Karena tanpa proses, tentu saja simulasi gak akan berjalan.

Location - ctrl + L

Entitas - ctrl + E

Arrival - ctrl+A

Proses - ctrl+P
Path Network - ctrl+N

Setelah komponen-komponen diatas terpenuhi, saatnya menjalankan simulasi (F10).


F10
Dan dari simulasi diatas, dapat dilihat bahwa simulasi dengan kapasitas pasien + jumlah dokter akan terselesaikan dalam waktu 6 jam 55 menit. Untuk kesimpulannya bisa dilihat di general report.



Ya itulah sekilas tentang simulasi permodelan menggunakan Promodel 4.2, apabila masih kurang jelas .. bisa hubungi saya lewat twitter .Sekian dulu sodaraaaaaa !! sekarang waktunya mandi.. haha

No comments:

Post a Comment

GAK KOMEN = GAK KEREN