Saturday, 5 November 2011

Xlangkah Lebih Maju Membuka Jendela Dunia

Internet? Semua orang pasti sudah tau apa itu internet dan bagaimana fungsinya didalam kehidupan sehari-hari. Saya seorang mahasiswi berusia 20 tahun yang pertama kali mengenal internet pada saat menginjak kelas 10 SMA. Saya yang masih sangat awam dengan apa itu internet merasa tertantang untuk mengetahuinya lebih detail lagi. Akhirnya untuk pertama kalinya saya berkenalan dengan search engine raksasa yaitu Google yang menurut saya, ia adalah sahabat karib dari internet. Lalu saya bertanya pada Google, apa itu internet yang akhirnya saya dipertemukan dengan om Wikipedia
"Secara harfiah, Internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking" dan itulah jawaban dari om Wikipedia.
Dengan usia 16 tahun pada saat itu, otak saya lumayan dibuat bingung dengan jawaban om Wikipedia. Akhirnya saya memutuskan untuk berkenalan langsung dengan internet dan mempraktekkannya sendiri didalam kehidupan saya. Dan ajaibnya! Saya baru sadar kalau internet adalah pusat informasi terlengkap yang pernah saya temui. Jujur saja berkat kehadiran internet, kehidupan bersekolah saya menjadi lebih baik dan saya xlangkah lebih maju dari teman-teman saya. Kenapa bisa begitu? karena saya bisa mendapatkan informasi dengan mudah, mulai dari pelajaran biologi, bahasa jepang, bahasa jerman, sosiologi & termasuk juga salah satu pelajaran favorit saya yaitu Antropologi; semua ada di internet. Setelah lulus SMA, saya tetap menjadi seorang internet addict. Bagi saya, tiada hari tanpa internet. Karena didalam kamus pribadi saya, internet adalah kunci untuk membuka dunia yang paling mudah dan yang paling gampang untuk bisa saya jangkau selain buku tentunya. Saya tidak mau dibilang ketinggalan jaman dan ketinggalan informasi terkini tentang dunia yang saya pijaki ini. Saat usia 19 tahun, saya mengambil jurusan Sistem Informasi disalah satu perguruan swasta di kota Malang dan berharap dengan mengambil jurusan tersebut, saya semakin tidak terpisahkan dengan internet. Dan benar saja, lagi-lagi internet-lah yang muncul sebagai super hero disaat saya membutuhkan bahan-bahan untuk presentasi, praktek dan tugas. 

Setelah hampir 4 tahun saya mengencani internet, tiba-tiba muncul difikiran saya. Apa selamanya yang bisa saya lakukan hanya mengambil informasi dari internet dan tidak ada kegiatan lain selain itu? Dan muncullah Facebook, sebuah situs jejaring sosial yang memberikan fasilitas untuk user agar bisa menjalin pertemanan didunia maya yang maha luas ini. Lagi-lagi, hidup saya xlangkah lebih maju. Saya membuat akun facebook saya yang pertama dan bertahan sampai saat ini. Saya memiliki banyak teman, tak hanya di Indonesia saja namun juga berasal dari belahan dunia lain seperti Romania, Slovakia, Turki dll. Dan semua itu berkat internet.   Saya sama sekali tidak menyesali pertemuan saya dengan internet 4 tahun silam. Semakin berkembangnya jaman, tak hanya facebook saja yang meraja sebagai situs jejaring sosial. Lahirlah Twitter, sama-sama jejaring sosial namun sama sekali berbeda dengan facebook. Untuk lebih detailnya ada baiknya tanya sama om Google ya. Internet tidak berhenti disitu saja dalam membuka jendela dunia saya, Lalu saya dipertemukan dengan Blogger sebuah situs yang khusus buat nge-blog. Dan apakah itu Blog? Lagi-lagi saya harus bertanya dengan om Wikipedia,
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
 Bagaimana? sudah cukup jelaskah penjelasan dari om Wiki? Dan dari situlah awal mula saya rajin nge-blog dan mulai menorehkan tulisan-tulisan saya. Blog yang saya miliki lebih bersifat personal, berisi tentang pendapat saya akan sesuatu dan tentang segala macam yang berhubungan dengan saya. Termasuk wadah untuk menampung tulisan saya ini.

Dan yang terakhir, saya diperkenalkan dengan sebuah forum yaitu Kaskus, sebuah forum diskusi terbesar di Indonesia. Di forum tersebut saya memperoleh banyak pengetahuan yang orang lain belum tentu tau. Dan memang pada akhirnya saya harus bilang, lagi-lagi internet membuat saya xlangkah lebih maju.

Kehidupan berinternet saya 90% saya habiskan untuk sibuk di keempat situs tersebut. Banyak manfaat yang saya peroleh, banyak ilmu yang saya dapat secara gratis dan banyak teman yang saya kenal. Itu semua berkat internet. Internet yang memfasilitasi saya. Kebaikan internet tidak berhenti disitu saja, tidak hanya sebuah informasi yang bisa saya peroleh. Namun saya juga bisa men-donwload software, lagu, gambar, komik, berkirim e-mail dan segala yang saya butuhkan dalam menjajaki kehidupan era modern yang baru.

Dan berkat campur tangan internet-lah saya bisa menemukan sebuah iklan yang pada waktu itu dipajang di forum Kaskus, yaitu  Lomba Menulis “XLangkah Lebih Maju” dari XL yang bertemakan “Bagaimana Internet telah membuat saya “Xlangkah Lebih Maju”. Dan dari pengalaman pribadi saya yang sudah hidup selama 5 tahun didunia internet, akhirnya saya memberanikan diri untuk menulis artikel ini. Bukan untuk bermaksud mendewakan internet, ini hanya sekedar tulisan yang berisi bagaimana internet telah membuka dunia saya. Membuka mata saya dan membuat saya tidak lagi picik seperti katak dalam tempurung. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi para netter semuanya.


No comments:

Post a Comment

GAK KOMEN = GAK KEREN