Saturday, 24 December 2011

Cara Mengusir Linux Mint dari Dual Boot Windows 7

Semaleman saya dibikin galau sama dual boot di lepi, gara-gara mengobati rasa penasaran dan pengen nyobain Linux Mint 12 "Lisa" saya tanpa basa-basi langsung install do'i. Eh usut punya usut, lepi justru jadi dual boot. Untuk install Linux Mint saya pakai Linux Live Usb Creator. Nah masalah mulai muncul, gak enak rasanya saat start up harus milih-milih OS dulu, mana ada 5 pilihan .. 4 dari Linux dan 1 dari Windows ultimate saya. Karena merasa terganggu tersebut, saya pun memutuskan untuk mengusir si Lisa dari Lepi saya. Onion Emoticon Set

Setelah searching-searching di google, akhirnya saya nemu solusi dari LukeAddison. Caranya cukup simple dan praktis.
→ Lakukan booting dari DVD/Flashdisk windows 7
→ Lalu pilih menu Repair dan masuk ke Command Prompt
→ Untuk menghapus pilihan OS yang banyak tadi, ketikkan bootsect /nt60 C:
→ Untuk mengembalikan booting primary ke Windows 7, ketik pada cmd tadi bootrec /fixmbr
→ Restart

Dan setelah restart, alangkah senang hati saya. Ternyata si Linux sudah berhasil diusir dari menu booting. Tapi pembersihan tidak berhenti disitu saja, saat booting memang sudah tidak ada lagi si Lisa. Tapi file-file masih tersimpan rapi dipartisi Linux Mint-nya. Untuk membersihkan mereka sampai ke akar-akarnya,
→ Masuk Disk Management
→ Klik kanan pada drive tempat Linux Mint diletakkan lalu pilih Delete Volume
→ Drive yang barusan didelete belum bisa digunakan, untuk mengembalikannya ke keadaan semula .. klik kanan pada drive dan pilih New Simple Volume
→ Atur sendiri kapasitas yang ingin digunakan, lalu Next
→ Pilih path pada Assign the following drive letter, kemudian Next
→ Isi Volume Label, lalu Next dan Finish

Alhamdulillah yaa .. Saya sudah kembali ke windows 7 ultimate .. Onion Icons

8 comments:

  1. wah, kejadian nih sama kaya saya....bete banget liat gambar dual boot

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe smoga membantu ^^

      Delete
  2. bagus nih :)

    tp sayangnya saya lebih suka linux dan windows 8. hhe

    linux lebih menantang dan rumit untuk di otak atik system y daripda windows yang lebih mudah system y di otak atik hhe

    ReplyDelete
  3. Anonymous11/02/2013

    Linux itu menantang uji nyali siapa berani pakai... kyak gw gara-gara newbi gk tau cara ngeluarinnya karna sesat tak tau arah pada linux mint gw matiin leptop gw dri tombol power...

    ReplyDelete
  4. @AnonymousHahahah tersesat di linux mint

    ReplyDelete
  5. @Anonymous cara kasar dan satu-satunya :D

    ReplyDelete
  6. saya sangat suka dual boot windows 8.1 dengan linux
    karena saya juga seorang hacker jadi butuh linux dan windows untuk maen game ,hehehe

    ReplyDelete

GAK KOMEN = GAK KEREN