Thursday, 22 December 2011

For a Great Women

Bukan bermaksud ikut-ikutan mentang-mentang beranda lagi rame soal update status mengenai 'I love mom, aku sayang ibu, Mom.. u're everything' dan bla bla bla .. tapi saat nengok kalender, huwaaw !! 22 desember, eh emang hari apaan? Onion Icons22 Desember adalah hari ke-356 (hari ke-357 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian dengan 9 hari menjelang akhir tahun; itu kata om Wiki. Yaaah buka-buka kalender nasional, ini adalah Mother's Day alias hari Ibu. Hari dimana kedudukan Ibu menjadi spesial. So, kalau ditanya soal hari Ibu .. saya gak bakal jawab apa-apa. Tapi kalau ditanya, siapa ibumu dan bagaimana beliau dimatamu? maka saya bakalan berkisah panjang kali lebar, mencurahkan segala kekaguman dan kebanggaan saya memiliki seorang Ibu seperti beliau. Ibu bukan wanita kantoran yang setiap hari berdandan cantik dan perfect, ibu juga bukan PNS yang bekerja dengan seragam, Ibu juga bukan petinggi negara yang berpantofel hitam. Dia wanita biasa, menjalankan karir besarnya sebagai seorang ibu dan seorang istri. Pekerja keras, ulet dan luar biasa telaten.  Ibuku bukan orang yang sabaran dan terkesan otoriter, mungkin itu sifat beliau yang aku warisi, kedua sifat yang membuat saya sering melawan arus atas segala keputusannya, pemicu perselisihan paham. Ah tapi itu dulu, saat saya masih berkobar dan berapi-rapi (masih jadi ababil-red), sekarang saya lebih banyak diem dan mengalah, kalau bertemu dengan ketidakcocokan. Setiap hubungan gak mungkin kan selalu berjalan mulus? begitu juga hubungan ibu dan anak ini, tapi diluar semua itu .. Dia tetaplah malaikat. Fisiknya sama sekali tak mirip jika harus menyandang gelar malaikat, tapi nurani dan hatinya. Kekuatan cintanya untuk Ayah, kakakku dan aku tak terbatas banyaknya. Dia patut menjadi malaikat keluarga kecil kami.

Ibu ku sebatang kara dirumah saat aku harus kembali ke rutinitas kampus, Kakak laki-lakiku di Jakarta untuk mengais rejeki beserta ilmu dan ayahku, berada di Medan. Rumah terpencil disebuah desa, bagian Blitar timur. Bukan apa-apa, ibuku orang yang kuat. Meski terkadang kesendirian yang menggerogoti hari-harinya memicu air matanya keluar .. beliau tetap nampak kuat !Luar biasa sekali wanita ini .. ucapku membatin saat mendapatinya bersujud dan mengadu kepada Allah. Sebagai gantinya, aku rela dengan senang hati setiap hari Senin, jam 5 pagi aku berangkat ke Malang lalu pada jum'at sore aku pulang lagi ke Blitar. Semata-mata demi ibu, tak tega rasanya berlama-lama jauh dari beliau.

Teman-temanku sering mengejek, aku anak manja yang tak bisa jauh dari rumah. Tapi mereka tak pernah tau, apa sebenarnya yang aku kejar dan lakukan. Jadi, saat makian itu datang.. yang aku ingat hanya ibu, ibu dan ibu.

Sudah beberapa bulan ini kesehatan ibu menurun, daya tahan tubuhnya tak lagi kebal seperti dulu. Usia 45 yang tak lagi bisa dibilang muda dan bugar. Itu juga yang membuat beliau selalu berputar-putar dipikiranku saat aku di Malang. Mungkin saya terlihat slengek'an dan cuek terhadap kehidupan pribadi saya, tapi saya tak pernah main-main jika itu menyangkut keluarga apalagi ibu saya.

Hari itu adalah akhir dibulan november, ibuku tiba-tiba jatuh sakit. Beruntung, saya sedang libur. Itu adalah kepanikan saya yang pertama dan saya tak akan pernah mau mengulanginya. Saya panggil bidan desa, karena dokter terlalu jauh dari rumah. Akhirnya bu bidan sanggup dan saya ajak kerumah, kepanikan saya lumayan teratasi. Mendapat 5 bungkus obat, tanpa tau sakit beliau apa. Bu bidan cuma bilang, Ibu gak boleh terlalu capek. Jadi selama liburan ini, saya mendapatkan job dari ayah .. Jadi pengawas buat ibu .. agak konyol memang. Tapi, itulah harmonisasi keluarga kami. Aku sering SMS ayah dan lapor kala ibu sulit untuk disuruh gak boleh capek-capek dan alhasil malamnya, ayah pasti ngoceh di henponnya ibuk MSN Onion Icon
Seberapa berartinya beliau buat saya, hanya saya dengan Tuhan yang tau. Dan buat teman-teman saya, silahkan ngoceh .. saya bakalan tetep no comment ^_^

SELAMAT HARI IBU untuk seluruh ibu di dunia, Surga di telapak kakimu itu memang benar adanya Onion Icons

2 comments:

GAK KOMEN = GAK KEREN