Sunday, 25 December 2011

Install Windows 7 pakai Flashdisk

Ide ini muncul saat sepupu saya minta install ulang OS windows-nya berhubung dvd windows saya ketinggalan di Malang, tapi untungnya..  saya punya soft copy file windows 7 ultimate di hardisk. Saya pun coba-coba install pakai flashdisk. Dan ternyata cara ini cukup efektif plus enggak ribet, yang perlu disiapkan adalah:

→  Flashdisk minimal 4 GB karena kapasitas file windows 7 ultimate yang akan saya install adalah 2,35 GB. 
→ Laptop atau PC yang ada file Windows 7 ultimatenya. (sebut saja laptop A)
→ Calon notebook yang akan diinstal (sebut saja laptop B)
→ Software bernama WinToFlash untuk bootable, donlot disini 

Langkah-langkahnya:

→ Tancepin flashdisk ke laptop A, flashdisk ini bakalan diformat jadi kalo ada data-data penting. Silahkan di back-up dulu.
→  Langkah selanjutnya adalah ngeformat flashdisk (saya anggap sudah pada tau caranya)
→ Install WinToFlash, lalu klik Windows setup transfer wizard dan Next
→ Lalu pada bagian Windows files path, select drive letak file Windows 7-nya, dan pada bagian USB Drive select letak Flash Disk kamu.

→  Next dan akan muncul pop up "I Accepted the terms of the license agreement" lalu klik CONTINUE. Tunggu sampai proses selesai.
→  Setelah proses selesai, copot flashdisk dari laptop A dan tancepin ke USB laptop B.
→ Langkah selanjutnya adalah masuk ke Bios laptop B untuk mengatur booting, tekan del saat start up ~ kalau di Compaq tekan F9 (langsung masuk ke menu boot tanpa lewat Bios) - Acer tekan F8
→ Setelah masuk Bios, cari menu Boot .



→ Setelah masuk menu Boot, flashdisk yang sudah nangkring manis di USB pasti sudah terdeksi. Tampilannya seperti gambar diatas.
→ Lalu ubah urutan Flashdisk agar menjadi nomor 1 (saya anggap sudah tahu caranya)
→ Setelah selesai, lihat menu Exit dan Pilih menu Exit Saving Changes atau Save Changes and Exit.
→ Restart
→ Dan setelah itu, biarkan flashdisk anda bekerja ^_^

Semoga membantu ...

2 comments:

  1. saking akeh e sampai dunlud kabeh wkwkwkwk....
    thank sakura...
    maju trus blognya...

    saya mendukung qm jadi fotografer.......

    ReplyDelete
  2. thanks dukungannya, amin-amin :')

    ReplyDelete

GAK KOMEN = GAK KEREN