Friday, 2 December 2011

Selamatkan Bumi

Sudahkah anda menanam pohon? ... 
 Waktu lagi browsing-browsing, sampailah saya pada sebuah website yang berorientasi pada Penghijauan dimana tujuan website tersebut adalah untuk mengajak kita agar menggalakkan reboisasi atau penghijauan. Well, kata-kata pembuka website tersebut adalah "Sudahkah anda menanam pohon?". Ini pertanyaan atau sekaligus sindiran yak :sweat:Jujur saja, selama 20 tahun umur saya.. saya nanem pohon belum pernah. Palingan nanem pohon mangga tuh didepan rumah.. heuheuheu. Eits ! tapi jangan salah, saya punya cerita nih.. Waktu itu ayah saya punya lahan kosong yang belum ditanemin, ayah sih maunya nanem tebu disitu :yareyare: katanya biar tiap tahun bisa panen. Tapi akhirnya saya mengeluarkan jurus provokasi dan memprovokasi beliau agar menanami lahan kosong tersebut dengan pohon Albasiah. Ayah sempat menolak, karena dengan alasan tuh pohon tumbuhnya lama. Tapi saya gak nyerah gitu aja donk, saya pun mengunjungi om Google dan akhirnya dapet info ini → albasiah merupakan  fast growing plant, yaitu kelompok tanaman yang memiliki daya pertumbuhan cukup cepat. Kan enak tuh? dapet duit sekaligus reboisasi? yaa meski gak harus tiap tahun panen, tapi ini kan cuma lahan kosong. Daripada ditanemin tebu yang useless, mending nanem albasiah. Nih pohon dominan dan dengan pertumbuhannya yang cepat, semakin cepat pula dong  reboisasinya :onegai:

penampakan albasia belakang rumah

Gak cuma reboisasi, tapi nih pohon juga bisa ngebantu penyerapan air jadi kalau hujan, jangan takut longsor apalagi banjir. Oksigen berlimpah, karbondioksida diamankan !! begitulah sepertinya, udara tiap pagi disekitar rumah emang 100% sejuk. Beda kalau pas saya lagi di Malang yang menurut saya juga jumlah pohonnya udah berkurang drastis, pohonnya udah kalah pamor sama mall + pabrik tuh :hush:

Kembali ke topik, Saya belum nanem pohon tapi jurus provokasi saya manjur .. heuheuheu dengan hasil punya hutan buatan dibelakang rumah. Jadi sodara-sodara, kalau lagi musim kayak gini jangan ngeluh kepanasan yak. Pikir dah tu, ente udah nanem pohon belum? kalau belum, ya wajar kalo situ kepanasan. Saya bukan super hero yang bisa nyelametin bumi pake kekuatan super, saya hanya manusia biasa jadi yang bisa saya lakukan untuk bumi ya cuman ini, ngajakin ente-ente semua pada nyadar akan pentingnya reboisasi. Yah dari hal-hal yang kecil saja dululah seperti buang sampah pada tempatnya, menghemat air dan energi terus mulailah berhenti merokok !!


:smoke:  ← JANGAN DITIRU yak !!

No comments:

Post a Comment

GAK KOMEN = GAK KEREN