Thursday, 19 January 2012

Resensi Manusia Setengah Salmon - Raditya Dika

Hari senin kemarin kan saya jalan-jalan ke Gramed tuh dengan niatan mau beli buku terbarunya bang Radityadika yaitu Manusia Setengah Salmon. Karena sudah ngiler sejak desember, akhirnya kemarin senin itu terpenuhi juga ke Gramed-nya dan alhasil buku ini jatuh ke pelukanku..heuheuheu

Judul      : Manusia Setengah Salmon
Penulis   : Raditya Dika
Penerbit : GagasMedia
Tahun    : 2011
Tebal     : viii + 264 halaman











Waktu pertama buka nih buku, langsung kaget karena disambut sama photo bang Radit yang terjejer rapi dibalik sampul depan. Lalu dibuat heboh lagi sama penanda halaman yang emang gokil abis bagi saya !! Apa-apaan ini? belum baca bukunya aja udah dibikin ketawa ngakak.

bang Radit gak capek apa ya pose kek gini ? ahahaha

Nah kan ?!

Judul pertama adalah "Ledakan Paling Merdu" didalam bab ini, bang Radit nyeritain gimana dia dengan serunya berkentut-kentut ria bareng bokapnya. Banyak adegan mengocok perut dalam bab ini, dijamin bikin ngakak sekaligus terkentut-kentut. Lalu "Sepotong Hati di Dalam Kardus Cokelat", dalam bab ini berisi gimana galau-nya seorang bang Radityadika ketika diputusin sama ceweknya. Didalam bab ini juga yang ngebikin saya yakin kalau seorang Radityadika adalah Manusia karena dia bisa terserang virus galau #eh. Next ada "Bakar Saja Keteknya", didalam bab ini bang Radit nyeritain hubungannya sama sopir barunya yang bernama Sugiman.. hahaha sumpah gokil abis !! gak percaya?! ...
Lalu ada "Pesan Moral dari Sepiring Makanan", disini bang Radit bercerita saat dia dan adik-adiknya tersesat di Venice gara-gara mencari restoran namun sayang sungguh sayang google Maps-nya mati dan berujung di sebuah gang.. lha kok bisa? makanya baca! heuheuheu. Berikutnya ada "Kasih Ibu Sepanjang Belanda" bang Radit nyeritain bahwa dia punya nyokap yang terlalu perhatian. Tapi di bab inilah, bang Radit bisa ngebuka mata hati saya (ceilah) bahwa, perhatian nyokap yang berlebih itu adalah sebuah gangguan .. iya gangguan! tapi gangguan TERBAIK yang pernah kita terima selama hidup. Huhuhuhu so sweet! #peluk emak.
Bab selanjutnya berjudul "Tarian Musim Kawin", berisi tentang segala hal mengenai PDKT, ada juga skema perbedaan PDKT di tahun 2000 sama tahun 2010. Next chapter adalah "Jomblonology", ini merupakan bab seru dan lucu-lucuannya bang Radit khususnya dibidang per-jomblo-an.
Selanjutnya ada "Lebih Baik Sakit Hati", disini diceritakan bahwa bang Radit lagi ada masalah sama giginya.. intinya adalah sakit gigi. Next ada "Terlentang Melihat Bintang", bang  Radit belajar seni bela diri Benjang. Bab selanjutnya adalah "Mencari Rumah Sempurna", nyokap bang Radit nyari rumah baru karena mereka sekeluarga mau pindahan. Proses pindah rumah adalah sama halnya dengan proses pindah pasca putus.
Lalu bab terakhir adalah "Manusia Setengah Salmon", disini bang Radit menjabarkan apa sebenarnya makna Manusia Setengah Salmon, jujur disini saya bener-bener kagum dan banyak sekali ngambil hikmah.

Bab-bab diatas hanya garis besarnya saja, masih banyak bab-bab yang berisi tentang ke-absurd-an bang Radit yang gak bakalan mubadzir saya jamin!

Penggalan :


"Nyokap memandangi penjuru kamar gue. Dia diam sebentar, tersenyum, lalu bertanya, ‘Kamu takut ya? Makanya belom tidur?’
‘Enggak, kenapa harus takut?’
‘Ya, siapa tahu rumah baru ini ada hantunya, hiiiiii...,’ kata Nyokap, mencoba menakut-nakuti.
‘Enggak takut, Ma,’ jawab gue.
‘Kikkikikiki.’ Nyokap mencoba menirukan suara kuntilanak, yang malah terdengar seperti ABG kebanyakan ngisep lem sewaktu hendak photobox. ‘Kikikikikiki.’
‘Aku enggak ta—’
‘KIKIKIKIKIKIKIKI!’ Nyokap makin menjadi.
‘Ma,’ kata gue, ‘kata orang, kalo kita malem-malem niruin ketawa kuntilanak, dia bisa dateng lho.’
‘JANGAN NGOMONG GITU, DIKA!’ Nyokap sewot. ‘Kamu durhaka ya nakut-nakutin orang tua kayak gitu! Awas, ya, kamu, Dika!’
‘Lah, tadi yang nakut-nakutin siapa, yang ketakutan siapa.’


Raditya Dika -


Pokoknya buku ini recommended banget buat kamu yang lagi stres atau beranjak galau .. atau mungkin yang lagi menyandang status sebagai fakir asmara. Boleh boleh !! pokoknya musti kudu dan harus baca nih buku.
Harganya murah kok, masih terjangkau-lah kalau sama kantong-kantong pelajar dan mahasiswa kayak saya .. ahahahahahihihihi

Dan dibawah ini adalah efek setelah ngebaca nih buku .. heuheuheu





4 comments:

  1. jadi kepengen nih hehe brpa harganya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harganya terjangkau .. 42 ribu ajaaa .. heuheuheu

      Delete
  2. wah...ane lum baca sob..pasti ngakak tuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngakak-ngakak dah tuh, sampek muleh :))

      Delete

GAK KOMEN = GAK KEREN