Sunday, 15 January 2012

Share Koneksi via Wifi Windows 7

lepi adek & lepi saya
Petang yang gelap bin agak basah ini, saya kedatangan adek yang mau nginep dirumah.. berhubung ini ada 2 laptop tapi cuma ada 1 koneksi, akhirnya saya putar otak .. gimana caranya agar koneksi yang ada di lapi saya bisa dishare ke lapi-nya adek. Dan akhirnya saya menemukan 1 cara buat ngeshare koneksi.. tanpa bantuan software atau hardware tambahan.

Yang dibutuhin cuma 2 buah laptop ber OS sama (windows 7) & modem USB. Laptop saya yang sebagai server (selanjutnya bakalan disebut pc A)
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut, ikutin yak !!

1. Siapin pc A sebagai server, jangan lupa konekin dulu internetnya.



2. Menuju Control Panel → Network and Internet → Network and Sharing Center


3. Pilih Change Adapter Setting, lalu cari koneksi LAN atau USB modem kamu .. setelah itu masuk properties dan sharing. Cek Allow other network ... dan pilih Home networking connection → Wireless network connection dan OK 


4. Lalu tiba saatnya kita ngebuat server agar bisa ngesahre koneksi, yaitu pilih Manage Wireless Networks


 Pilih Add → Create an ad hoc network .. lalu isi form network sesuai keinginan kamu.


5. Lalu kembali ke Network and Sharing Center dan lihat status network yang kamu buat tadi. gambar dibawah ini nampak LOIDA SERVER, itu adalah network yang saya buat dan statusnya adalah online (waiting user) untuk join didalam koneksi yang telah saya buat.


6. Jika sudah ada pc lain yang join dalam koneksi, akan muncul kotak dialog Set Network Location .. lalu pilih Home Network


7. Dan selesei sudah.. adek saya bisa ber internet ria tanpa mengganggu saya nge-blog .. heuheuheu

NB: JANGAN LUPA, NYALAIN DULU WIFI NYA Chicken Icons

Wifi juga bisa untuk share document, musik, video, software ataupun apapun yang ada pada pc kamu. Caranya gampang, tinggal bikin new homegroup (kalau pc mu adalah server) .. dan tinggal join kalau pc kamu adalah client, tentu saja dengan masukin pasword server dulu .. ^__^
Kalau kurang jelas, silahkan mention di twitter saya @rohmasarii

2 comments:

  1. nice inponya...semangat terus ya... salam kenal dari tetangga yg juga penuh semangat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih kang, salam kenal juga
      SEMANGAT !!

      Delete

GAK KOMEN = GAK KEREN