Friday, 2 March 2012

Visual Basic ala Loida

Hooaam .. baru aja nyelesein tugas SP semester 3 kemaren, gara-gara IP yang kurang 1 digit itu .. jadi saya musti SP alias ngejalanin semester pendek alias flash back ke matkul yang udah expired Wah sapa suruh dulu-dulu males?! huwahahahaha .. Zzzz kembali ke topik. Saya dikasih soal sama dosen kayak gini nih:

1. Buatlah form MENU UTAMA (MDI form) yang berisi form berikut:

Form Login
Form Pegawai
Form Barang

2. Buatlah pula databasenya menggunakan MS accsess atau MS SQL Server dg tabel sbb:
    a. Tabel Pegawai = nomor pegawai, nama pegawai, alamat pegawai
    b. Tabel Barang = kode barang, harga beli, harga jual

3. Hubungkanlah form pegawai & form barag dg tabel yang sesuai dan berikan fasilitas untuk menambah & menghapus data


Gampang kan? hahahayang pertama musti dibuat adalah database-nya dulu, silahkan buka Microsoft Office Access (recommended sih 2003) tapi berhubung sekarang banyak yang pake Micorosof Office Access 2007 jadi yaa nanti tinggal pas save as aja disimpen jadi 2003.

1. Buat database di Microsoft Office Accsess, lalu buat 2 tabel yaitu tabel Barang & tabel Pegawai.
penampakan
 setelah itu save as microsoft office access 2003 ya .. (DBmaster.mdb)

2. Buka Visual Basic 6.0, bikin project baru .. lalu buat form yang pertama. Eitss ! tapi sebelum itu, Untuk menghubungkan project yang dibuat di VB dengan database yang telah dibuat sebelumnya kamu harus menambahkan toolbox baru dengan cara ketik CTRL+T atau klik kanan pada toolbox kemudian pada bagian control centang Microsoft ADO Data Control 6.0 (SP6) (OLEDB) dan Microsoft Datagrid Control 6.0 (SP6) (OLEDB)

ctrl+T atau project - component
3. Buat form login yang nantinya bakalan jadi home atau halaman awal sewaktu aplikasi sewaktu di run.

penampakan
Desain bisa sesuai kreatif masing-masing, asal nanti codingnya benar dari desain form diatas yang terpenting adalah tempat loginnya, yaitu; 1 frame yang berisi 2 label (username&password), 2 text box (text1=username, text2=password) dan 1 command button LOGIN.

4. Lalu klik 2 kali button LOGIN untuk masuk ke coding, lalu copy coding dibawah ini ..

Private Sub Command1_Click()
If Text1.Text = "admin" And Text2.Text = "1234" Then
MsgBox ("Login Berhasil!")
Form2.Show

Else
MsgBox ("Login Gagal")
End If
Text1.Text = ""
Text2.Text = ""
Text1.SetFocus
End Sub
5. Dari coding diatas ada Form2.Show itu maksutnya adalah dimana waktu nanti login sukses, maka command akan memanggil form2. Diperoleh juga kalau username=admin dan password=1234.

6. Sekarang kita akan membuat Form2, desainnya sebagai berikut

 dari form2 atau sub menu diatas terdapat 2 buah command button (barang & pegawai), klik 2 kali pada masing-masing button untuk masuk ke coding-nya..

coding untuk button BARANG

Private Sub Command1_Click()
          Form1.Show
End Sub
Form1 adalah form barang yang nanti akan kita buat setelah ini.

coding untuk button PEGAWAI

Private Sub Command2_Click()
Form4.Show
End Sub
Form4 adalah form pegawai yang nanti juga akan kita buat setelah ini.

6. Buat form1 alias form barang (maaf, nomer form-nya gak berurutan.. haha), seperti ini desainnya :
Dari desain form diatas diperoleh 1 datagrid, 1 aoddc, dan 3 buah command button. Langkah berikutnya adalah menempatkan database yang telah dibuat ke dalam project di VB. dengan cara menempatkannya pada toolbox datagrid.

  •  Pada toolbox Adodc1 klik kanan - ADODC properties – Use connection string – Build – Pilih database yang telah dibuat – Test Connection – Ok
  •  Disebelah kanan ada panel properties dari ADODC1, pilih Record Source - command type - pilih 2-adCmdTable – pilih nama table di database yang anda buat (tabel barang)– Ok
  • Tampilkan data yang terdapat di dalam database yang dibuat kedalam datagrid dengan cara pada panel properties datagrid pilih datasource kemudian Adodc1
  • Untuk menampilkan isi database ke dalam TextBox. pilih salah satu textbox kemudian di bagian panel properties pilih data source kemudian tentukan data fieldnya sesuai dengan yang telah dibuat pada database sebelumnya (DBmaster.mdb).
Lalu untuk 3 command button ADD, UPDATE & DELETE klik 2 kali untuk masuk ke coding-nya

coding untuk button ADD:
Private Sub Command1_Click()
Adodc1.Recordset.AddNew
End Sub
coding untuk button UPDATE:
Private Sub Command2_Click()
Adodc1.Recordset.Update
End Sub
coding untuk button DELETE:
 Private Sub Command3_Click()
Adodc1.Recordset.Delete
End Sub
 7. Buat form4 atau form pegawai, caranya sama persis dengan membuat form barang. Cuma waktu di data source-nya diganti dengan tabel pegawai.

Setelah jadi lalu lari ke File - Make "aplikasi".exe (nama app bisa sesuai keinginan loh)

Jadi inti dari applikasi diatas adalah untuk menginput stok barang dan pegawai, fungsi form login adalah untuk membatasi siapa-siapa saja yang boleh mengakses aplikasi tersebut.

Nih yang mau download app punya saya, klik disini ! Tapi saya password rar-nya, buat yang mau tanya password atau sekedar bertanya soal coding yg kurang jelas bisa mention saya di twitter atau PM di gTalk (nafas.boemi89@gmail.com). Selamat mencoba

2 comments:

  1. Nice sist...
    boleh mampir di alkhalifitoma.blogspot.com

    ReplyDelete

GAK KOMEN = GAK KEREN