Sunday, 4 March 2012

VMware Obat Penasaran

Setelah lalu lalang mencicipi OS, akhirnya saya kasian juga sama si laptop karena harus bolak-balik saya install dengan OS yang beda-beda. Akhirnya saya nyari solusi dan bertemulah dengan VMware, VMware adalah salah satu software mesin-virtualisasi atau Virtual-Machine. Pada intinya, VMware dapat menjalankan software sistem operasi di dalam sebuah sistem operasi. Misalnya kita menggunakan sistem operasi Windows Vista Ultimate, kita dapat menggunakan atau menjalankan sistem operasi lain dari dalam jendela program VMware, tanpa harus melakukan restart pada komputer kita. Jumlah sistem operasi yang dapat di “virtualkan” tidak ada batasannya, asalkan saja komputer kita mampu untuk menjalankannya.

VMware ini punya kelebihan loh, dia bisa kompatibel di semua platform (cintosh, linux maupun windows). VMware bisa di download dari website resmi-nya disini.

Sama juga dengan saya, akhirnya saya pun mencicipi software nayamul satu ini. Dan hasilnya adalah ..

ubuntu inside win 7

xp inside win 7

linuxmint inside win 7
Untuk memulai menggunakan virtual-machine, terlebih dahulu kita harus membuat Virtual-Machine yang bisa dilakukan dari menu File > New > Virtual Machine (atau dengan menekan kombinasi Ctrl + N) atau dengan mengklik pada New Virtual Machine yang ada pada layar VMware Workstation. Selanjutnya akan muncul Wisaya (eng: Wizard) yang akan memandu kita dalam membuat Virtual-Machine.


Setelah membuat “slot” untuk virtual-machine, selajutnya adalah menginstal sistem operasi ke dalam harddisk melalui VMware. Cara menginstal sistem operasi sama seperti jika kita menginstalnya secara langsung. Dan untuk mematikan virtual-machine, kita harus mematikannya melalui sistem operasi virtual tersebut, maka otomatis VMware akan “mematikan” sistem operasi virtual itu seperti layaknya sedang menjalankannya secara langsung (tidak secara virtual atau melalui VMware).

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan googling ya sekian dulu dah postingan saya kali ini, selamat berpraktek ria ..

4 comments:

  1. SUPPORT HERE :
    FOLLOW MY BLOG IN :
    WWW.DONIALIYANTO.BLOGSPOT.COM
    WWW.FULLMEDIAFIREDOWNLOAD.BLOGSPOT.COM
    WWW.DONIMOVIE.BLOGSPOT.COM
    WWW.DONISOFTWARE.BLOGSPOT.COM

    ReplyDelete
  2. mantep lah sob :) ane juga mau nypba eh tapinya NB speknya ecek2 huhuhu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya .. emang mantep klo ginian gan :p
      jgn di paksa atuh klo gak kuat, ntar justru hank x__X

      Delete

GAK KOMEN = GAK KEREN