Sunday, 17 June 2012

Jogja and The Unforgetable Moment



Malam ini lagu Shaggy Dog - Di Sayidan mengalun indah memenuhi ruangan. Menelusup relung-relung fikirku yang tengah bersandar menikmati malam. Tiba-tiba kenangan akan Jogja dan kamu menyembul dari balik tumpukan memori indahku. Ya, memori itu . . Rindu akan riuh dan ramainya jl. Malioboro. Kala itu  dia terus saja menggandeng tanganku sembari mencari jalan untuk kita lewat. Sementara aku masih sibuk menenteng kamera dan mengamati kuda-kuda penarik delman yang terengah-engah. Nafas mereka memburu, sementara pak kusir dengan bahagianya bertengger di atas kursi kemudi. Aku yang merindukan jl. Malioboro beserta bau berak dan kencing kudanya. Aku yang merindukan wajah-wajah lelah pedagang di sepanjang Malioboro. Aku yang merindukan teriakan para penjaja asongan. Taburan bintang menjadi saksi ketika dia menghampiri seorang pedagang aksesoris, memesan 2 buah gelang dan menyematkan nama kita. Ia memakai gelang yang bertuliskan namaku dengan senyum terkembang. Dan aku pun dengan senang hati menyematkan gelang yang bertuliskan namanya. Ia menggandeng tanganku, lagi . .

Dia yang terus menjagaku & mengawasi setiap langkahku. Hingga langkah kami terhenti di kerumunan seniman jalanan, orang-orang kreatif sedang uji kebolehan di depan sebuah ruko. Terdengar teriakan "Jogja istimewa, istimewa juga orangnya" . . Aku pun merekam moment itu. Uang 2 ribu yang aku beri rasanya belum cukup untuk pengamen-pengamen hebat itu, mereka seniman jalanan yang terkoordinir dengan baik.

Di monumen super semar, aku dengan semangat menyelip dari balik-balik pagar besi yang mengelilingi. Berharap bisa ikut duduk dan mengelilingi monumen. Malam minggu, malamnya anak-anak muda Jogja. Aku mendapati seorang bocah cilik, cantik nan energik. Matanya tak pernah lepas dari papan skateboard yang dimainkan para skaters. Berlari kesana kemari mencoba mencari sudut pandang yang pas, bocah cilik itu tertawa riang. Tak menghiraukan panggilan mamanya yang sudah dimabuk kesal.

Sorotan lampu malam dan pantulan jalan di Malioboro, semerbak bau jagung bakar menelusup hidung. Dan ketika aku menghela nafas untuk sejenak merasakan damai duduk disampingnya, sepasang pengamen datang dan menyanyikan sebuah lagu. Aku tak tau jelas apa judul lagu itu, sepertinya itu ciptaan mereka sendiri. Yang jelas, pengamen-pengamen Jogja bukanlah pengganggu. Mereka adalah seniman jalanan yang luar biasa.


Gemerlap malam dan geliat Malioboro mulai berkurang, aku & dia pun kembali menelusuri jalan kenangan itu. Mengumpulkan memori, berharap itu semua menjadi tumpukan kenangan yang indah.

Perut memanggil, dan aku memutuskan untuk mencicipi nasi goreng di sekitaran Sastrowijayan. Semeja dengan bule Belgia yang super ramah, hingga saking ramahnya . . Ketika dia akan meminjam sebuah pulpen dariku, aku kalap dan gelagapan. Untung pacarku cepat tanggap dan mengatasi rasa nervous ku. Menggelikan. Aku menikmati kejadian itu, menikmati segarnya teh manis yang berhasil mencumbu bibirku dan mengusir dahagaku, menikmati senyumnya yang tertahan oleh asap rokok, menikmati aroma peluh dan candanya.
seniman Jogja


Keindahan malam Jogja tidak sampai disitu. Ketika dia menggandeng tanganku dan mengajakku menelusuri jalan sepi di sekitaran pasar Beringharjo. Disepanjang jalan yang lebar dan sunyi itu, ketika kucing berlarian saling mengejar. Ketika sepasang pemuda pemudi sedang dimabuk candu cinta berkerumun di kegelapan. Dia tetap mendekap erat tanganku. Dan sampailah di gedung Societet (taman Budaya), dia ingin memperlihatkan isi dari gedung itu. Tapi sayang, jam berkunjung sudah habis.




Jogja tak pernah dingin. Selalu hangat seperti senyum orang-orangnya. Masih lekat dipikiran, bahasa jawa halus yang seringkali terlontar dari ibu-ibu penjual sate dan gudeg. Senyum mereka tak pernah surut menyapa tiap pandangan.

Jogja, kelak kami akan kembali. Aku dan dia akan mengunjungimu. Bernostalgia, melepas rindu akan eksotismu.



Saturday, 16 June 2012

Hack Nokia E72 ala Loida

Mulai dari jam 06.00 tadi saya sudah adem panas didepan monitor pc, browsing-browsing cara buat nge hack handphone saya; Nokia bronze E72 RM-530 firmware 091.003. Akhirnya saya nemu sebuah tutorial tentang hack symbian tapi nggak pake ribet yang harus musti nunggu dan download .key sama .cert.

Nah kalau di postingan ini, saya pake cara saya sendiri yang rada' melenceng di beberapa bagian. Tapi 100% working !!

penampakan si bronzie
Sebelum melakukan praktek, siapkan dulu alat perangnya . . download DISINI nih, tapi maap ni yee. . rar-nya saya password. Buat yang mau minta password, aturan mainnya kayak biasanya aja deh . . follow blog + like facebook ini, lalu kasih komentar di bawah postingan ini sembari menyertakan alamat e-mail. Nanti gak pake lama, saya langsung sent passwordnya. Deal ya!! nggak ada yang boleh nawar. . xoxoxoxo

Step pertama : Install X-Plore dulu, install di C:\ (memory phone). Setelah sukses diinstal, buka X-Plorer  Tools   Configuration  → Check List


Step kedua : Install Norton Symbian Hack yang sudah di download tadi. Sebelum install, ada baiknya meng-uninstall anti virus yang sudah terpasang di handphone kamu untuk menghindari hank. Setelah Norton dipasang, ternyata harus dapat lisensi dulu baru bisa make. Tapi tenang, kita pakai yang free trial 15 hari saja. Caranya :



Sorot ke 15 day-free trial → option → pilih update . . tunggu beberapa saat


Lisensi sudah aktif selama 15 hari. Tapi itu cukuplah, meski trial. Kan cuma dibuat trik ini saja.

norton acitve !

Buka Norton → Option → Anti Virus → Quarantine List → Restore all



Step ketiga : Remove / uninstall "Symantec Symbian Hack". Setelah dihapus, buka aplikasi X-Plorer. Cari C:\shared\20000BC0_symantec lalu hapus folder beserta isinya.

Step keempat : Masih di X-plorer, Ekstrak folder Patches (yang sudah didownload tadi, dalam bentuk .zip) ke drive C:\ (memory phone)

Step kelima : Install aplikasi ROMpatcher (sudah satu paket) ke drive C:\ (memory phone). Setelah dipasang, buka ROMpatcher; klik Option / Pilihan → Add Auto → Open4All RP+ lalu tekan tengah tombol navigasi ponsel supaya berubah menjadi cek list berwarna hijau. Ada 3 patch, cek list semuanya, jika cek list berwarna merah berarti patch tidak didukung oleh ponsel, hapus patch yang cek listnya berwarna merah di drive C:\patches (gunakan X-plore). 


Lalu restart ponsel (matikan lalu hidupkan kembali)

Step keenam : Buka X-Plorer, pilih file Install Server.zip (jadi setelah download tad, copy file ke memory card / phone . . terserah). Lalu pilih Install Servernya sesuai denga tipe ponsel kamu, tapi karena saya pakai nokia E72 . .  jadi saya pilih install server yang InstallServer934. Selanjutnya ekstrak file installserver.zip ke C:\sys\bin




Yang belum tau caranya meng-ekstrak file di X-Plorer . . begini caranya: 

pilih file .zip yang akan diekstrak
seleksi file
klik Select  - Extract to



buka folder tujuan, misal - C:\sys\bin lalu Select

Step ketujuh : Restart handphone (matikan dan hidupkan kembali). Lalu buka X-Plorer, cek apakah folder sys & private yang ada di C:\ (memory phonr) dan E:\ (memory card) sudah bisa dibuka isi foldernya. Dan kalau sudah terbuka 2 folder tersebut, berarti HACKED has been Succsess !!

Nokia E72 sudah sukses dihack dengan indah . . hahaha. Bisa install aplikasi unsigned seperti yang saya idam-idamkan. Aplikasi pertama yang saya coba adalah sebuah music player keren bernama TTpod. Kenapa keren? karena bisa donlot lirik dan picture album, lagian audio output yang dihasilkan boleh diacungi jempol. 

penampakan TTpod
  NB: Kadang-kadang setelah install Norton hp jadi hank, solusinya adalah cabut batre lalu pasang lagi. Dan untuk file installserver.zip pilih saja sesuai OS henpon symbian kamu. 

result


1. Installserver91: for E60, E61i, E62, E65, E70, N71, N73, N75, N77, N80, N91, N91, N92 dan lainnya (Symbian 9.1).
2. Installserver92: for E51, E63, E90, N76, N81, N81 8GB, N82, N93, N93i, N95, N95-2, 6290, 5700, 6120, 6110, i520, i550, i400, i450, i560, G810, N78, N96, 6220 dan lainnya (Symbian 9.2, 9.3).
3. Installserver3250: for 3250.
4. Installserver5500: for 5500.
5. Installservere50: for E50.
6. Installservere61: for E61 or 3250 (if first file won't work only).
7. Installserver934: for newest 9.3 and all 9.4.
8. InstallserverS3: for all Symbian^3 (and Symbian Anna, Symbian Belle).

Wednesday, 13 June 2012

Favorite Food : Ceker Setan

Nggak tau kesambet setan apa, udah 3 bulanan ini saya jadi suka makan-makanan pedas. Padahal dulunya saya paling anti sama makanan pedas, karena kondisi perut yang enggak kuatan. Pertama pacar sih yang mengadakan penyuluhan terhadap saya biar mau makan masakan pedas, katanya biar sehat gitu. Awalnya nyoba-nyoba bakmi, mulai dari taraf easy, normal sampai expert (emang game?!)

Dan usut punya usut, tadi malam itu saya kalap. Beli ceker setan di belakang SOB (- Malang), yang musti antri dulu, antrian dibuka jam 21.00 dan alhamdulillah yah . . saya dapat antrian nomer 5.





Indikasi waktu makan sih yang jelas mata dan hidung berair, bibir perih, perut panas dan mandi keringat . . hahaha . .  tapi dibalik semua itu, kalian musti nyoba sensasi rasanya. Dibalik rasa yang pedas, rempah-rempah dan rasa daun jeruknya berasa beuuuuuudh!. .  . dan indikasi jarak panjangnya adalah dikeesokan paginya setelah makan nih ceker setan, pasti dah tuh perut berontak minta buru-buru ke toilet ..  haha

Tapi, makanan favorit orang beda-beda sih. Banyak juga orang yang nggak suka olahan masakan dari bahan baku ceker ayam. Seperti pacar saya, dia sama sekali nggak suka sama yang namanya ceker. Bukan karena jijik, tapi jujur dari hatinya . . dia tidak punya skill mumpuni untuk memakan masakan yang terbuat dari ceker. Dan kesimpulannya adalah jika mau makan ceker setan, kamu harus punya skill dulu dalam memakan ceker. Apalagi kalau kamu makan pakai sendok, enggak 'muluk' alias makan pake tangan langsung. Sensasinya pasti bakalan dua kali lipat. Just try it !! ^^

Tuesday, 12 June 2012

Yang Putus Kita, Yang Repot Teman-Teman Mu

Pagi-pagi sudah dibuat kesal dan jengkel oleh ulah para cecunguk-cecunguk useless, yang hobi banget nyampah di facebook saya. Ya! mereka adalah teman-teman mantan saya. Mungkin mereka kurang kerjaan sehingga menjada junker di fesbuk. Mereka yang merasa 'paling' tau tentang masalah saya sama mantan, mereka yang mencoba menjaga solidaritas hanya karena ingin tetap mendapat kucuran dana dari mantan saya . . alih-alih menjaga solidaritas, mereka justru kelihatan menjijikkan. Penjilat!

Saya panen berbagai macam tuduhan yang semuanya terasa lucu di kuping saya. Mereka seperti kerumunan zombie yang mencoba memangsa, namun tak bisa. Mencoba menjangkau target, namun selalu kalah telak. Dengan jurus 'mengabaikan' sepertinya itu akan sukses. Biarkan mereka berkeciap kesana kemari, biarkan mereka menebar kebohongan. Toh saya juga tidak hidup dilingkup fitnah mereka.

Tapi jujur, saya gerah. Saya bukan tipe orang yang suka disodori dan disuruh mencampuri masalah orang lain. But, so far . . .  ada saja yang mau ikut ambil andil didalam semua masalah saya sama mantan. Ini yang putus siapa? yang repot siapa? . . . Saya dihujat, di judge. Mereka udah merasa paling bener, mereka udah merasa paling tahu segalanya. Padahal tak secuilpun dari tuduhan itu yang bisa dibenarkan, tak ada bukti otentik, tak ada penjelasan terkait.


Dan jalan publik satu-satunya yang bisa mereka tempuh adalah facebook, ya . . di jejaring sosial. Saya berpikirnya ini terlalu childish untuk dilakukan oleh orang-orang yang berumuran baligh. Tradisi attacking di facebook memang menjamur sekarang ini. Entah didasari karena ada dendam, masalah pribadi, cari sensasi atau cuma sekedar ber-iseng ria. Saya sering geli jika harus disodori dengan hal yang semacam ini, apa sih yang mereka peroleh? apa mereka dibayar buat berkoar-koar? . . .

Jalan keluar yang biasa saya tempuh sih pertama melayani tuduhan mereka, mencoba meluruskan apa yang sudah dipaksa untuk bengkok. Tapi ya yang namanya uneducated, jadi diajak diskusi dan cari masalahnya susah amir bo'. Jalan terakhir kalau nggak di delete dari pertemanan ya di blokir permanen.


 

Monday, 11 June 2012

Deg Deg Duaarr KKN !!

Pagi ini, alarm henpon udah nyaring melengking mengisi seluruh ruang di kuping saya; sontak saya pun langsung terbangun dari mimpi indah. Dengan malas membanting mematikan alarm, dan oh ternyata senin telah tiba!! huaaah malasnya! tapi mau nggak mau saya harus buruan packing dan balik ke Malang. Sekitar pkl. 07.00 saya udah nyampek di kost tercinta, suasana masih lengang belum ada tanda-tanda keributan (loh?) . . .

Emmm . . . mendekati pkl 09.00 saya bergegas ke kampus. Schedule hari ini adalah pembagian kelompok KKN di LPPM (kantor pusat UNMER Malang). Saya jujur dari hati ne, berharap+ngarep banget dapet satu kelompok sama teman-teman deket saya. Biar gak mati kegaringan. Sekaligus agak males juga kalau mesti sendirian, digabung sama temen-temen dari fakultas lain, secara saya kan rada' anti-social ('_' )

Setelah capcus ke fakultas, saya sudah ditunggu sama teman-teman saya. Lalu bergegas beramai-ramai ke LPPM, setelah ngos-ngosan karena habis menaiki puluhan tangga hingga akhirnya sampai di lantai 3 kantor pusat. Saya pun segera menyongsong tempelan-tempelan kertas yang berjejer di papan pengumuman. Yeay !! saya langsung sumringah karena mendapati bahwa saya SUCI ROHMASARI tercantum sebagai anggota kelompok 8 dan dibawah saya ada nama VIDI NOOR AINI, alhamdulillah . . kita satu kelompok. Tapi sayang, temen saya satu lagi si SELVI NOVITA mecah, dia ada di kelompok 7 . . huhuhu na'as.

Kelompok 8, terdiri 18 orang dari masing-masing fakultas. Saya, menjabat jadi seksi dokumentasi alias dokumenter (jabatan abadi sepertinya). Oiya, tempat KKN kami ada di desa Amadanom, Dampit - Malang. Kalau aura-nya sih, ini desa terpencil yang sulit sinyal dan terjangkau internet; itu masih feeling saya. Liat aja entar gimana. Saya pasti bakalan cerita :p


Apapun bentuknya, mau nggak mau, KKN must go on !! hahaha cemunguuuuuuuuuuudhhhh . . . tinggal beberapa langkah lagi buat LULUS !!

Mug Mug Mug

Sore-sore gini, pesenan mug saya sudah nyampek di kost'an. Langsung dianter sama yang empunya shop alias mbak nene. . wennaaaaakk. Jadi ceritanya tuh kemarin saya pesen sepasang mug, saya desain sendiri gambarnya . . terus disempurnain sama embaknya . . heuheuheu. Nih penampakan mug saya . . (ceritanya couple begitoo) haha





Bagus kan? heheheu . . yang mau pesen mug-nya bisa add akun facebook : Happy Mug Shop. Bisa pesen secara online kok, dikirim melalui ESL dan tritama.









Untuk desain lain-lainnya, silahkan langsung cek di photo album facebook Happy Mug Shop yaa!! Ini bukan saya yang jualan, tapi ngebantuin promosi . . heuuuu ^^

Sunday, 10 June 2012

Shot in Jolosutro Beach !

Kemarin, sabtu 09 juni 2012 . . saya iseng-iseng maen ke pantai di kabupaten saya sendiri (- Blitar). Namanya pantai Jolosutro. Jarak pantai sama rumah juga nggak jauh-jauh amat, kalau ditempuh pakai sepeda motor sekitar 2 jam'an.
Objek wisata Pantai Jolosutro berada di desa Ringenrejo, kecamatan Wates Kabupaten Blitaratau berjarak sekitar 45 km dari kota Blitar. Pantai Jolosutro ini adalah salah satu pantai di Blitar yang merupakan bagian dari kawasan Laut pantai Selatan. Pantai Jolosutro mempunyai ombak laut selatan yang sangat indah nan alami.

Saya awalnya memang sudah janjian dengan teman saya semasa SMA dulu buat motret. Dan dimulai dari tujuan pengen refreshing ke pantai, akhirnya vacation kemarin full digunakan buat motret aja. Ini dia hasilnya:






Dan buat kalian yang bingung buat nyari spot refreshing atau motret, pantai Jolosutro bisa dah tuh di masukin list . . Promo promo . . visit Blitar soon !! :p

Wednesday, 6 June 2012

This isn't Fairy Tales

Bulan mei kemarin, bulan penuh curhatan . . dan curhatan serta kisah-kisah itu masih berlanjut. Hingga sekarang, sampai detik ini. Tokoh dan temanya masih sama. Seorang lelaki freak yang muncul dari kepingan masa laluku, terabaikan dan teracuhkan. Datang dengan kesederhanaan dan 'something' yang membuatku meragu atas keseriusannya hingga someday dia mampu dan bisa membuktikan bahwa keseriusan itu tidak hanya ditunjukkan dengan adanya 'something' tersebut. Aku berharapnya bahwa kisah ini dimulai dengan indah dan tak akan pernah menemui titik akhir. Karena sepertinya hati ini sudah terpaut lekat dan dalam dengannya. Tak ada bayangan sedikitpun jika suatu saat hati ini dipisah paksa oleh keadaan dan orang-orang yang tak sejalan denganku.

Tapi, baru selangkah dia menggenggam erat tanganku . . halangan itu mulai muncul menampakkan ketidak setujuannya kepada kami. Dia bukan melepas tanganku, tapi semakin erat menggenggamnya sembari berbisik "Don't be afraid, trust me. Let's toward our bright futures, together". Aku pun untuk pertama kalinya, berani mengambil keputusan dan keluar dari rel yang sudah sejak lahir disusun sedemikian rupa. Aku berani memutuskan apa yang pantas, apa yang memang aku inginkan. Aku belajar bertahan pada posisi sulit, aku mencari celah dan jalan untuk keluar dari lingkup yang menyesakkan itu. Aku mau dia yang membantuku, dan tentu saja dia akan dengan senang hati untuk selalu berada disampingku. Mengiklaskan kebahagiaannya hanya untukku, hanya demi aku.

Dan konsekuensi dari semua ini adalah terbentangnya jarak serta waktu yang maha dasyat memisahkan. Ini bukan masalah raga yang tak bisa bertemu raga, senyum yang tak bisa bertemu senyum, kerinduan yang tidak menemui penawar . . tapi lebih dari semua itu adalah pengorbanan, pengorbanan untuk mau bersabar, menerima dan bertahan. Hingga suatu saat nanti ketika Tuhan sudah melihat kesungguhan kami, tiballah waktu untuk bersama. Hingga tak ada lagi celah jarak dan waktu yang mencuri dan mencari kesempatan untuk memisahkan.




Cara Test Anti Virus

Kalian semua yang pada punya kompi, kayaknya musti coba cara yang satu ini. To the point aja ya, ini adalah cara untuk mengetahui bahwa anti virus yang kamu install di pc atau laptop bekerja dengan baik atau tidak. Caranya adalah dengan membuat sebuah text code yang memang sudah disediakan oleh EICAR (European Institut for Computer Anti-Virus Research).

Pertama buka notepad, lalu copy paste text code dibawah ini : (berhubung di blog saya anti copypaste, jadi silahkan diketik sendiri ya text codenya . . . jangan sampai salah ketik loh :p)

X5O!P%@AP[4\PZX54(P^)7CC)7}$EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!$H+H*

Lalu save as script tersebut dengan nama terserah kamu tapi harus pakai ekstensi .com, contoh: scriptvirus.com


 Dan beginilah yang terjadi file ber-ekstensi .com ini saya save as . .


Anti virus saya langsung detect malware . . . kebetulan saya pakai AVAST . Jadi si anti virus saya ini masih bekerja dengan baik. Dan jangan takut dengan text code yang kita buat tadi, itu tidak akan menginfeksi kompi kita kok. Didalamnya itu adalah text code standar text yang digunakan oleh para developer anti virus khususnya oleh EICAR. EICAR sendiri adalah badan yang fokus dalam bidang virus dan menciptakan sebuah standarisasi untuk anti virus. Standarisasi ini digunakan untuk melihat reaksi antivirus ketika mendeteksi file yang dibuat oleh EICAR yaitu text code yang tadi kita buat dengan notepad tadi.  Selamat mencoba . . .

sumber

Sunday, 3 June 2012

Curhat Mahasiswi Semester Akhir

Huft  . . sebelum aku ngetik lebih banyak lagi, sepertinya di tulisan kali ini kalian bakalan menemukan #sigh yang paling banyak. Karena di posting kali ini, isinya aku bakalan berkeluh kesah melulu. Aku yang udah lama nggak update postingan di blog, ini juga karena semesterku yang udah di ujung tanduk. Alias semester akhir, semester 9, haa? kok 9, kenapa gak semester 8? . . jadi gini kronologinya, di kampus ku ada 2 jalur pendidikan yang bisa ditempuh; yaitu yang pertama adalah jalur Reguler . . dimana S1 ditempuh dalam waktu 4 tahunan, seperti yang lain yang memiliki 8 semester. Dan jalur yang kedua adalah Akselerasi, dimana untuk menempuh S1 cuma dibutuhkan waktu kurang lebih 3 tahun, tapi ada 9 semester yang mesti ditempuh. Sistem kebut bin kejar tayang, itu yang aku pilih. Dan nggak terasa, sekarang udah semester 9 alias semester akhir. Ini lagi sibuk-sibuknya mikir, bikin dan merealisasikan yang namanya TA biar oktober mendatang aku sudah bisa wisuda. . Amin.

Tapi yang bikin sebel dikampus itu, semester 9 yang 100% waktunya dibikin buat ngerjain TA justru dikasih matakuliah lagi. Ada Etika Profesi (2 sks) sama Sistem Penunjang Keputusan (4 sks), jadi konsentrasi musti terbagi sama tugas-tugas dan jadwal kuliah. Sementara bulan Juli, TA harus sudah selesai lalu mulai ngurus KKN.



Aku ngambil TA soal sms gateway dan php, aku kira gampang .. ternyata lumayan lah rumitnya, jadi sebenarnya agak nyesel ngambil ini. Karena lihat TA teman-temanku justru lebih gampang, dan mereka lolos. . sebagian udah ada yang selesai TA. huhuhu sementara aku belum. Hikmahnya: sebelum ngambil tema TA, harusnya diteliti dan dicermati lagi gimana tingkat kesulitannya daripada nyendat di tengah jalan kayak gini. Tapi ya, selalu ada jalan menuju WISUDA !! selama mbah google stay with me, selama toko buku belom pada gulung tikar . .  I must try hard for this !! cemunguuudhhhhhh !!

Para pembaca yang budiman, do'akan saya ya . . semoga cepat dapat pencerahan dan jalan keluar. Semoga TA selesai cepat waktu, Semoga oktober bisa pakai toga ..  amin :-)