Wednesday, 6 June 2012

Cara Test Anti Virus

Kalian semua yang pada punya kompi, kayaknya musti coba cara yang satu ini. To the point aja ya, ini adalah cara untuk mengetahui bahwa anti virus yang kamu install di pc atau laptop bekerja dengan baik atau tidak. Caranya adalah dengan membuat sebuah text code yang memang sudah disediakan oleh EICAR (European Institut for Computer Anti-Virus Research).

Pertama buka notepad, lalu copy paste text code dibawah ini : (berhubung di blog saya anti copypaste, jadi silahkan diketik sendiri ya text codenya . . . jangan sampai salah ketik loh :p)

X5O!P%@AP[4\PZX54(P^)7CC)7}$EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!$H+H*

Lalu save as script tersebut dengan nama terserah kamu tapi harus pakai ekstensi .com, contoh: scriptvirus.com


 Dan beginilah yang terjadi file ber-ekstensi .com ini saya save as . .


Anti virus saya langsung detect malware . . . kebetulan saya pakai AVAST . Jadi si anti virus saya ini masih bekerja dengan baik. Dan jangan takut dengan text code yang kita buat tadi, itu tidak akan menginfeksi kompi kita kok. Didalamnya itu adalah text code standar text yang digunakan oleh para developer anti virus khususnya oleh EICAR. EICAR sendiri adalah badan yang fokus dalam bidang virus dan menciptakan sebuah standarisasi untuk anti virus. Standarisasi ini digunakan untuk melihat reaksi antivirus ketika mendeteksi file yang dibuat oleh EICAR yaitu text code yang tadi kita buat dengan notepad tadi.  Selamat mencoba . . .

sumber

3 comments:

GAK KOMEN = GAK KEREN