Friday, 17 August 2012

Cara Mengcopy CD/DVD Terproteksi

Kemarin saya baru beli buku Kisah Lainnya dan dapet bonus CD Album Suara Lainnya dari Noah .. Seneng banget dong pastinya. Lalu saya buru-buru masukin tuh CD ke optical drive. Tapi usut punya usut, waktu saya play nih CD pake VLC .. laptop jadi nyendat-nyendat. Batuk-batuk gitu. Akhirnya saya berinisiatif buat mengcopy isi CD tersebut ke laptop. Tapi .. ah apes, ternyata CD audio ini terproteksi. Di properties CD, tertulis bahwa ukurannya adalah 0 bytes. Dan ketika dibuka, isinya cuma berisi file list yang berukuran 44 kb. Tapi anehnya, lagu bisa dimainkan dengan lancar.


Setelah saya muter-muter googling, akhirnya saya nemu cara. Mudah banget. Tinggal install Media Player Classic.. Setelah install, ikuti cara-cara berikut ini..


  • Buka file yang ada di CD memakai MPC (media player classic)

  • Lalu File - Save As dan letakkan hasil simpanan ke folder kamu sendiri. Oiya .. sebelum melakukan save as, ada baiknya kamu mengatur pengaturan folder option untuk menampilkan extensi file kamu. Caranya masuk ke Explorer (Windows+E) - Organize - Folder and Search Option - View - Lalu hilangkan centang di Hide extensions for known file types. Maka semua file di laptop kamu bakalan berakhira sesuai tipe file-nye. Contoh : IMG-3829.jpeg

  • Sebelum mengesave, kasih nama dulu file mu dengan format Nama file.type file  Contoh: Sahabat.mp3
  • Tinggal tunggu proses selesai. Speed tergantung kecepatan laptop mu yaa..
  • Setelah selesai, maka file yang semua berformat .cda akan berganti menjadi .mp3 dan bisa di play di Winamp, Aimp atau pemutar musik lainnya tanpa macet-macet.

  • Tinggal play deh ..



Tapi sayang, setelah disimpan dengan format .mp3 ukuran file akan membengkak ..




Selesai sudah, akhirnya saya bisa listening Suara Lainnya dengan tenang. Maaf ya, lagu-lagunya nggak bisa saya share, nanti kasian Noah .. heheuw .. beli bukunya aja, trus dapetin CD albumnya .. gratis ^_^

2 comments:

GAK KOMEN = GAK KEREN