Thursday, 16 August 2012

Lika Liku Menuju Lulus

Di postingan kali ini, saya mencoba membicarakan dan membuka memori tentang suatu hal yang sempat menyita lifespan saya selama 3 bulanan. Sebuah tanggung jawab yang wajib saya penuhi adalah membuat sebuah jurnal ilmiah .. sebagai salah satu syarat lulus dan mengejar gelar S1 (di kampus saya). Waktu itu adalah semester akhir, bulan pertama kedua dan ketiga adalah jadwal menyelesaikan jurnal. Tapi di bulan pertama dan kedua, saya justru disibukkan dengan 2 mata kuliah baru. Mau tidak mau konsentrasi membuat jurnal ilmiah terpecah.

Di bulan pertama saya mencari-cari inspirasi tentang 'apa' yang akan saya torehkan di jurnal saya. Browsing sana sini, berlama-lama di toko buku, berdiam di perpustakaan dll. namun saya belum juga menemukan hidayah. Hingga pada suatu hari, di Google saya menemukan iklan tentang teknologi SMS Gateway. Nah bemulai dari sinilah saya mulai tertarik. Seperti mendapat sokongan energi.





Bulan kedua saya habiskan dengan percuma, karena terlalu sibuk memenuhi tanggungan nilai 4 sks di semester akhir. SMS Gateway belum begitu akrab dengan saya, tapi saya sudah memutuskan untuk menjadikannya sebuah tema di jurnal ilmiah saya. Ya! saya putuskan untuk mengangkat tentang teknologi SMS Gateway.

Bulan ketiga, bulan deadline dan bulan terakhir kesempatan untuk menyelesaikan tiket menuju wisuda saya (baca: jurnal ilmiah). Kuliah terakhir sudah selesai dan saya kelabakan. Saya berlarian tanpa arah, mau dibawa kemana SMS Gateway saya.. sementara macam SMS Gateway itu banyak. Namun setelah berkonsultasi dengan mbah Google .. akhirnya saya memutuskan untuk membuat aplikasi SMS Gateway berbasis web.

Memories 'bout scriptshit
" Didalam proses pembuatannya ada banyak sekali cerita. Dan didalam proses tersebut .. saya benar-benar mengerti rasanya berada dalam posisi under pressure dan mengalami puncak skeptic pada diri saya sendiri. "
Ada alasan-alasan mengapa saya sempat down dan terkesan salah ambil tema. Alasan yang pertama adalah SMS Gateway tidak pernah diajarkan dikelas, kedua; saya awam & meremehkan, ketiga; terbatas referensi dan alasan keempat SMS Gateway kebanyakan bersifat komersil, jadi untuk mencari 'contoh' aplikasinya sulit. Sementara saya hanya berbekal PHP murni, itupun masih sangat kurang.
Memories 'bout scriptshit

H- 10 hari menuju deadline.. saya masih selesai 50% sementara teman-teman saya sudah banyak yang mengumpulkan. Under pressure dan nyaris putus asa. Dan dampak dari tekanan ini adalah saya tidak mengalami siklus menstruasi dalam bulan ketiga ini. Luar biasa.

Di H-2 saya mendapat pencerahan yang begitu mendadak dan luar biasa. Dalam hati saya bertanya; "Kenapa baru datang sekarang? padahal jika datang diawal-awal dulu .. mungkin jurnal ilmiah saya akan selesai hanya dalam kurun waktu seminggu". Ya itulah sifat manusiawi saya; tidak pernah puas dan tak pandai bersyukur.

Memories 'bout scriptshit
Deadline akhirnya terpenuhi meski harus sempat ngeprint ulang karena format jurnal tidak sesuai apa kata pak dosen. Ketika mendapat kertas berisi stempel tanda bukti pengumpulan jurnal ilmiah, dunia seakan berpihak pada saya .. alam pun sepertinya ikut tertawa mengiringi suasana bahagia hati saya.

Dan dari kejadian itu semua, ada banyak sekali hikmah yang terselip untuk saya .. seperti kado yang ingin diberikan Tuhan secara diam-diam.


  • Jangan meremehkan sesuatu yang belum kamu kuasai.
  • Pertolongan Tuhan selalu datang tepat waktu. Bantuan selalu datang diakhir, itulah mengapa agar kamu bisa menikmati proses pembelajaranmu. Kamu akan mencecap betapa sulitnya .. sebelum merasakan betapa mudahnya.
  • Berusaha sampai benar-benar tidak menemui jalan buntu. Tapi sekali lagi, Tuhan tidak pernah menguji kemampuan hamba-Nya diluar batas kemampuan. Dan dosen, akan memberikan ujian diluar batas kemampuan mahasiswanya Ups! 
  • Nikmatnya berkorban. Saya harus rela ketika laptop saya diinstal ulang sebanyak 12 kali .. bergonta ganti OS. Dan tak luput kena juga dengan netbook saya, yang harus diinstal ulang sebanyak 2 kali. 
  • Jangan pernah meragukan kemampuan diri sendiri.
Tugas akhir bukan momok selama Tuhan masih selalu bersama kita. 


No comments:

Post a Comment

GAK KOMEN = GAK KEREN