Monday, 3 December 2012

Eksperimen Dapur : Kembang Kol Goreng

Inget dulu pas jaman masih KKN, sering banget makan makanan satu ini. Bahannya berasal dari kembang kol. Tapi anak-anak biasanya nyebut sayuran yang satu ini sama 'brokoli', padahal kan beda banget ya; brokoli itu ijo nah kembang kol putih terus ukurannya lebih gede. Kemarin sore iseng-iseng bikin makanan satu ini;

Bahan :
☑ Kembang Kol
☑ Terigu
☑ Telur
☑Air
☑ Tepung bumbu serbaguna

Bumbu:
☑ Bawang merah
☑ Bawang putih
☑ Garam
☑ Lada bubuk
☑ Penyedap

Tambahan:
☑ Minyak goreng

Cara:

☑ Campur semua bahan jadi satu, soal takarannya sih itu gak saya ukur ya. Kembang kolnya kemarin itu 1 buah dengan berat 7 ons terus telurnya pake 2 butir, terigunya 5 sendok makan, 1 bungkus tepung bumbu serbaguna dan air secukupnya. Diaduk diwadah, usahakan jangan terlalu kental dan jangan terlalu cair; yang sedang-sedang saja biar bisa nempel di kembang kolnya.

☑ Haluskan bawang merah, bawang putih dan garam. Lalu masukkan kedalam wadah bahan yang sudah dicampur tadi. Disusul sama lada bubuk dan penyedap secukupnya, campur hingga rata.

☑ Masukkan kembang kol yang sudah dijadikan bagian-bagian kecil ke dalam mangkuk adonan dan aduk hingga semua bagian kembang kol terbalut adonan.

☑ Panaskan minyak goreng, jika sudah cukup panas. Masukkan kembang kol yang sudah campur dengan adonan tadi ke dalam penggorengan. Tunggu hingga keemasan dan angkat.

Taraaa :p
Kembang kol goreng kalau dimakan rasanya lucu, diluarnya krispy, didalemnya anyes.. gurih campur manis. Cobain deh :p

No comments:

Post a Comment

GAK KOMEN = GAK KEREN