Friday, 4 January 2013

Eksperimen Dapur : Kolak Ubi Ungu

Di era yang serba maju ini, siapa sih yang nggak kenal sama yang namanya ubi ungu?? itu tuh, salah satu sumber makanan yang dulu dipandang sebelah mata, malah gaungnya tidak terdengar sama sekali. Namun sekarang si ubi ungu ini udah naik pamor dan disulap menjadi makanan-makanan super lezat. Ada yang jadi burger, es krim, salad, bolu,cake, donat, puding dll.

Nah, saya kan newbie dibidang masak-memasak dan perdapuran. Berhubung kemarin saya diberi ubi ungu buanyaaakk sama paman yang punya kebun sendiri, akhirnya iseng-iseng saya bikin makanan dari ubi cantik satu ini. Bukan makanan yang susah kok, Kolak. Siapa yang nggak kenal kolak? tiap ramadhan makanan satu ini pasti naik daun.

Bahan:
☑ Ubi ungu
☑ Santan
☑ Pandan

Bumbu
☑ Gula merah
☑ Gula putih
☑ Garam

Caranya:
- Ubi dikupas, lalu dicuci bersih sampai getahnya hilang, potong-potong dadu atau sesuka hati. Kalau saya, karena ubi saya potong besar-besar, jadi nanti otomatis empuknya lama. Jadi saya rebus dulu ubinya pake air.

- Setelah ubi sudah setengah empuk, angkat dan tiriskan.

- Lalu didihkan santan dan masukkan ubi nya. Jangan lupa pandan, gula merah dan garam secukupnya.

- Tunggu hingga ubi empuk sepenuhnya, lalu angkat dan hidangkan.

taraaaa..

Untuk menambah cita rasa, bisa ditambahin nangka. Yummyy... dan jangan lupa, ubi ungu ini memiliki kaya manfaat lho.


Berikut beberapa manfaat dari ubi jalar :

Kekebalan tubuh : Ubi jalar sangat kaya akan beta karoten, antioksidan utama, serta berbagai nutrisi lain seperti vitamin C, vitamin B kompleks, besi dan juga fosfor. Hal ini membuat ubi jalar sebagai penguat imun yang hebat.
Peradangan : Walaupun tidak termasuk dalam keluarga kentang-kentangan biasa, ubi jalar juga mengandung anti peradangan. Didukung dengan adanya beta karoten, vitamin C dan magnesium, maka ubi jalar sangat efektif dalam menyembuhkan peradangan baik internal maupun eksternal.
Asma : Ubi jalar juga efektif dalam mengatasi hidung mampat, bronchitis dan  paru-paru. Dengan begitu akan meredakan asma. Hal ini disebabkan oleh aroma khas yang dimiliki ubi jalar.
Bronchitis : Kandungan vitamin C, besi serta nutrisi lainnya membantu menyembuhkan bronchitis. Ubi jalar juga dipercaya bisa menghangatkan tubuh (mungkin karena rasa manis serta nutrisi lainnya). Kandungan ini juga berfungsi untuk menyembuhakn bronchitis, terlepas dari kandungan lain yang bisa meredakan kemampatan.
Arthritis : Beta karoten, magnesium, seng dan vitamin B kompleks membuat ubi jalar sebagai pilihan yang tepat untuk mengatasi arthritis. Air rebusan ubi jalar bisa dioleskan pada persendian untuk meredakan sakit akibat arthritis.
Pencernaan : Selain rasanya yang enak, kandungan serat dalam ubi jalar juga lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kentang pada umumnya. Kalau kedua faktor ini disatukan dengan mineral-mineral lainnya seperti magnesium yang dikandung ubi jalar, maka makanan satu ini merupakan pilihan yang tepat untuk membantu pencernaan. Selain itu, ubi jalar juga mudah untuk dicerna serta baik untuk lambung dan usus halus.
Kanker : Kandungan beta karoten, antioksidan dan anti karsinogen utama, yang merupakan penyebab warna pada kulit ubi jalar serta vitamin C, sangat penting untuk menyembuhkan berbagai jenis kanker. Terutama kanker kolon, usus halus, prostat, ginjal dan kanker pada organ dalam lainnya.
Keseimbangan air : Serat dalam ubi jalar akan membantu menahan air. Hal ini akan mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh.
Radang lambung : Ubi jalar menimbulkan efek nyaman di lambung dan usus halus. Vitamin B kompleks dan vitamin C, beta karoten, kalium dan kalsium sangat efektif meredakan radang lambung. Selain itu, serat yang dikandung ubi jalar bisa mencegah terjadinya konstipasi dan penimbunan asam, karena itu akan menurunkan kemungkinan terjadinya radang lambung. Anti peradangan dan kandungan yang menenangkan dari ubi jalar juga bisa mengurangi rasa sakit dan peradangan lambung.
Diabetes : Pengidap diabetes seringkali dihimbau untuk menghindari makanan yang manis. Hal ini tidak berlaku pada ubi jalar. Makanan satu ini sangat efektif dalam meregulasi kadar gula darah dengan membantu sekresi dan fungsi insulin. Tetapi, tidak berarti kalau pengidap diabetes bisa makan ubi jalar tanpa aturan. Tetapi, mereka bisa mengganti asupan nasi atau karbohidrat mereka dengan ubi jalar.
Untuk menambah berat badan : Hal ini sangat mudah dipahami. Ubi jalar berasa manis serta mengandung karbohidrat kompleks disertai vitamin dan mineral yang mudah dicerna. Karena itu, ubi jalar merupakan sumber energi dan efektif untuk membangun otot-otot. Bagi Anda yang tidak percaya diri karena tulang-tulang menonjol ke permukaan kulit, cobalah mengkonsumsi makanan super ini. Cara ini tidak menghasilkan efek samping apapun sehingga lebih aman daripada mengkonsumsi suplemen pembangun otot.
Keuntungan lain : ubi jalar juga efektif menghentikan ketergantungan pada rokok, minuman serta narkotika tertentu. Selain itu, juga sangat baik bagi kesehatan pembuluh darah vena dan arteri. Konsentrasi beta karoten yang tinggi serta fosfor sangat baik bagi kesehatan mata dan kardiovaskular -- SUMBER



No comments:

Post a Comment

GAK KOMEN = GAK KEREN